Marketing funnel
Marketing funnel merupakan rencana pemasaran terintegrasi yang menargetkan pelanggan dimana menjelaskan proses seseorang dari tidak mengenal brand, mengenal, menimbang, melakukan pembelian, menilai produk, hingga menjadi pelanggan.bentuk lain dari marketing funnel adalah customer journey
Terdapat 5 tahapan dalam marketing funnel:
Awareness (kesadaran)
Tahap di mana konsumen sadar
barang apa yang ia inginkan atau butuhkan.
Consideration (menimbang)
Tahapan konsumen mulai mencari info lebih banyak soal produk yang diinginkan (termasuk membanding-bandingkan satu merek dengan merek lainnya)
Purchase (membeli)
Konsumen memutuskan untuk membeli
produk yang terbaik.
Retention (membeli kembali)
Konsumen merasa puas dengan
pembelian pertama dan memutuskan untuk kembali membeli produk.
Advocacy (testimonial)
Karena selalu merasa puas, konsumen menjadi loyal. Ia memberi testimoni bagus dan merekomendasikan produk atau layanan kamu kepada banyak orang.
Ada 5 alasan kenapa marketing
funnel penting bagi sebuah bisnis:
1.Melalui marketing funnel, kamu
bisa memahami bagaimana calon pelanggan mengetahui brand (bisnis) kamu dan
akhirnya memutuskan untuk melalui pembelian.
2.Memaksimalkan strategi marketing
yang telah kamu buat sebelumnya.
3.Meningkatkan kemungkinan
konversi di tiap tahapan customer journey.
4.Petimbangan untuk penggunaan
budget yang akan kamu gunakan untuk menjalankan sebuah strategi marketing.
6 manfaat
1.Membantu Menentukan Strategi
Pemasaran
2.Melalui marketing funnel, kamu
dapat memahami calon pelanggan bagaimana mereka mengetahui brand dan mengapa
memutuskan untuk melakukan pembelian.
3.Mempertahankan Promosi
Dengan marketing funnel, kamu
tidak perlu lagi memikirkan langkah selanjutnya untuk menarik dan
mempertahankan pelanggan.
Jadi, kamu bisa mempertahankan
promosi dalam jangka panjang, tanpa perlu mengubahnya sesering mungkin yang
bisa memakan waktu dan biaya besar.
4.Menghemat Waktu dan Tenaga
Marketing funnel memungkinkan kamu
untuk mengetahui perjalanan pelanggan, sehingga memiliki rencana aktivitas
pemasaran yang lebih matang.
5.Meningkatkan Penjualan
Selanjutnya, yang menjadi manfaat
marketing funnel adalah bisa membantu bisnis kamu dalam meningkatkan penjualan.
Bahkan, marketing funnel dapat mempertahankan pelanggan
dalam jangka panjang karena kamu bisa menerapkan rencana aktivitas
pascapembelian. Jadi, pelanggan tetap terlibat dan kembali berbelanja di
kemudian hari.
6.Memprediksi Penjualan di Masa
Depan
Marketing funnel yang diibaratkan
sebagai corong memungkinkan kamu untuk memahami hasil aktivitas pemasaran
dengan lebih baik.
Kamu juga dapat mengetahui
konversi prospek untuk setiap tahap pemasaran
Komentar
Posting Komentar